Jumat, 28 Desember 2012


 
Tulisan 4
Kesimpulan,Saran dan Daftar Pustaka


REVIEW :

PENYUSUNAN INSTRUMEN DAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI DATA DASAR KOPERASI DAN UKM TERPILIH*)

Oleh :

Daniel Asnur**)

JURNAL VOLUME 5 - AGUSTUS 2010 : 119 – 144

Berisi :

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan dari kegiatan Penyusunan Instrumen dan Pembangunan Sistem Informasi Data Dasar Koperasi dan UKM Terpilih adalah sebagai berikut:
1. Sistem Informasi Data Dasar Koperasi dan UKM ini merupakan software aplikasi sebagai sebuah kelas sistem informasi yang terkomputerisasi, terdiri dari prosedur dalam pemrosesan data yang dibangun sebagai instrumen atau alat yang dapat memberikan informasi dengan cepat terhadap setiap kebijakan pemerintah, baik kebijakan sebelum dikeluarkan maupun kebijakan setelah dikeluarkan. Aplikasi sistem ini berbasis web yang terkomputerisasi dan terintegrasi, sehingga memberikan kemudahan bagi pemerintah untuk dengan cepat melakukan pengambilan data dilapangan, karena responden dengan cepat mengakses formulir-formulir kuesioner yang ada di aplikasi, mengolahnya untuk melakukan perhitungan, proyeksi, pemeriksaan, dan peringatan mengenai kondisi terkini permasalahan yang dihadapi oleh Koperasi dan UKM.
2. Software aplikasi ini menggunakan software dan database open source, sehingga mudah dan murah melakukan pemeliharaan dan pengembangan di masa mendatang. Aplikasi ini juga bersifat multiflatform, artinya dapat dijalankan menggunakan sistem operasi Microsoft Windows atau Linux (Open Source). Dengan demikian, diharapkan nantinya pengguna tidak harus bergantung pada hanya satu sistem operasi. Aplikasi ini bersifat user friendly, memungkinkan bagi pengguna yang awam di daerah untuk menggunakannya dengan cepat dan baik. Selain itu, proses inputan data kuesioner telah dirancang, sehingga tingkat kesalahannya diharapkan dapat diminimalisasi. Beberapa fitur dari aplikasi ini antara lain adalah:
1). Aplikasi ini bersifat user friendly, menggunakan perangkat lunak dan database open source dan dapat bersifat multiflatform.
2). Output data aplikasi yang dihasilkan, selain dapat dicetak melalui printer, output data juga dapat dilihat dilayar.
3). Beberapa utility progam aplikasi yang dirancang mampu untuk mentransfer data dari format database ke format spreadsheet, mampu memilih field/variabel yang diinginkan untuk diproses/ dikeluarkan output-nya.
4). Aplikasi ini mampu melakukan beberapa pengolahan data seperti regresi dan I/O.
5). Aplikasi ini dilengkapi dengan proses backup dan restore data yang dapat dilakukan per triwulan, per semester atau per tahun.


Saran

Untuk lebih memaksimalkan penggunaan dan pemanfaatan software aplikasi ini, penulis merekomendasikan kepada Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK, Kementerian Koperasi dan UKM untuk merancang kegiatan sosialisasi penggunaan software ini oleh koperasi dan UKM, terutama proses pengisian formulir-formulir datanya. Beberapa kesalahan dalam pengisian data akan mengakibatkan proses perhitungan dan analisis data yang dilakukan aplikasi menjadi tidak akurat.
Software aplikasi Sistem Informasi data dasar ini sebaiknya terus dikembangkan dengan terus melakukan pengkajian, sehingga nantinya aplikasi ini dapat merupakan salah satu instrumen yang digunakan dalam analisis dan perancangan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan koperasi dan UKM


DAFTAR PUSTAKA

A., Chaniago. 1984. Perkoperasian Indonesia. Penerbit Angkasa, Bandung.
Al Rasyid, Harun. 1994. Dasar-Dasar Statistika Terapan. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Bandung.
Baswir, Revrison. 1997. Koperasi Indonesia. Penerbit BPPE, Yogyakarta.
Djahmat, Syamsudin. 1994. Manajemen Koperasi. Lembaga Penerbit FE-UI, Jakarta.
Fathansyah. 2001. Basis Data. PT Informatika, Bandung.
G., Davis & Olson, M. 1984. Management Information Systems: Conceptual Foundation, Structure and Development. Mc Graw-Hill.
Hadiwidjaya, R.A. Wirasasmita. 1987. Modal Koperasi. Pionir Jaya Bandung, Hariyono. 2003. Koperasi Sebagai Strategi Pengembangan Ekonomi Pancasila, Jurnal Ekonomi Rakyat Artikel - Th. II - No. 4 - Juli 2003. http:://www.ekonomirakyat.org., diakses Januari 2008.
Hatta, M. 1997. Penjabaran Pasal 33 UUD 1945. Jakarta.
Indriantoro, Nur, Supomo, B. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE, Yogyakarta.
Kenangasari, Ani dkk. 1996. Sekilas Tentang Modal Dan Kemandirian Koperasi. Penerbit Pionir Jaya, Bandung.
Kementerian Negara Koperasi dan UKM. 1967. UU Nomor 12 Tahun 1967 Tentang Pokok-pokok Perkoperasian. Kemeneg. KUKM, Jakarta.
Kementerian Negara Koperasi dan UKM. 1992. UU Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Kemeneg. KUKM, Jakarta.
Kementerian Negara Koperasi dan UKM. 2008. UU Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kemeneg. KUKM, Jakarta.
Krisnamurthi, Bayu. 2003. Membangun Koperasi Berbasis Anggota Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Rakyat, Jurnal Ekonomi Rakyat Artikel - Th. I - No. 4 - Juni 2002. http://www.ekonomirakyat.org., diakses Januari 2008.
Mulyono, S. 1998. Statistika Untuk Ekonomi. Jakarta, PAU-FE Universitas Indonesia, Jakarta.
Munkner, H. 1987. Hukum Koperasi. Penerbit Alumni, Bandung.
S, Budi. 2002. Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Andi Offset, Yogyakarta.
Singarimbun, M., Effendi, S. 1981. Metode Penelitian Survei. LP3ES, Jakarta.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis,. Bandung, Alfabeta, Bandung.
Soetrisno, N. 2003. Koperasi Indonesia: Potret Dan Tantangan, Artikel - Th. II - No. 5 - Agustus 2003. http://www.ekonomirakyat.org., diakses Januari 2008.
Tiktik, et. al. 2004. Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Galia Indonesia, Jakarta.
Witarto. 2004. Memahami Sistem Informasi. Penerbit Informatika, Bandung.
_______. 1987. Pengantar Hukum Koperasi. Universitas Padjadjaran, Bandung.



Nama / NPM   : Sarina Nurcahaya/ 28211249
Kelas / Tahun  : 2EB09 / 2010-2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar